Jumat, 28 November 2014

Martin Lloyd-Jones: Keluarbiasaan Kitab Mazmur (1)

Keagungan kitab Mazmur bahwa di dalamnya kita menemukan kesaksian pengalaman orang-orang benar yang membagikan nilai-nilai dari hal-hal yang terjadi dalam kehidupan rohani dan pergumulan mereka. Karena itu, sepanjang sejarah, kitab Mazmur merupakan kitab yang amat berharga bagi umat Allah. Berulangkali kitab ini menyediakan penghiburan dan pengajaran yang dibutuhkan, yang tidak terdapat di tempat lainnya. Dan pastilah, jika ada orang yang diizinkan menilai, maka kesimpulan yang didapat adalah bahwa Roh Kuduslah yang mendorong gereja mula-mula mengambil tulisan dalam Perjanjian Lama untuk maksud tersebut.

Dari awal hingga akhirnya, Alkitab berbicara tentang campur tangan Allah atas umat-Nya. Dia adalah Allah yang sama, baik dalam PL maupun PB; dan orang-orang saleh dalam PL juga merupakan warga Kerajaan Allah sama seperti kita. Kita ditempatkan sama dalam suatu kerajaan dengan orang-orang seperti Abraham, Ishak, Yakub. Misteri yang dibukakan kepada para rasul adalah bahwa orang-orang Yahudi juga merupakan ahli waris dan warga kerajaan sorga bersama dengan orang-orang Yahudi.

Karena itu, adalah tepat untuk memandang pengalaman orang-orang tersebut sebagai juga pengalaman kita. Fakta bahwa mereka hidup pada zaman dahulu tidak mengakibatkan perbedaan yang berarti.
...
Bacalah Mazmur dan pernyataan-pernyataan yang dibuat di dalamnya dan saya kira Anda akan sependapat dengan saya bahwa orang-orang itu adalah anak-anak Allah dengan pengalaman rohani yang mulia dan kaya. Dengan alasan tersebut, sudah menjadi kebiasaan gereja dari semula, jika mereka mencari terang, pengetahuan dan nasehat dalam kitab Mazmur.

bersambung...

(dari buku "Eksposisi Mazmur 73: Ketika Iman Diadili" [Jakarta: Perkantas])