Rabu, 27 Agustus 2014

J. I Packer: Setelah Selamat, Lalu...(1)

Berdasarkan prinsip apakah kehidupan yang telah ditebus harus dihidupi? Ada empat prinsip yagn akan disinggung dengan singkat.

Pertama, kehidupan merupakan kewajiban terhadap Allah - yaitu memuliakan Dia melalui ketaatan yang timbul dari rasa syukur atas anugerah-Nya. Berikut ini cuplikan dari Katekismus dalam Buku Doa Cranmer yang pertama (1549): "Kewajibanku kepada Allah adalah mempercayai Dia, takut akan Dia dan mengasihi Dia, menyembah Dia, bersyukur kepada-Nya, mempercayakan diri kepada-Nya, menghormati nama-Nya dan Firman-Nya yang kudus dan melayani Dia dengan sepenuh hati seumur hidupku".

Kedua, kehidupan yang mengasihi sesama. Katekismus Cranmer melanjutkan, "Kewajibanku pada sesama adalah mengasihi mereka seperti diriku sendiri dan memperlakukan mereka seperti aku ingin diperlakukan". Kasih mengusahakan kebaikan dan kemajuan dalam segala hal yang mungkin dilakukan bagi orang yang dikasihi; kasih lebih merupakan soal pikiran dan kehendak dari pada perasaan, lebih merupakan soal komitmen jangka panjang dari intensitas sesaat. Kewajiban mengasihi sesama - seperti kewajiban mengasihi Allah - memerlukan disiplin hidup.

bersambung...

(dari buku "Rencana Allah Bagi Anda" [Surabaya: Momentum])