Sabtu, 16 Februari 2013

Konfirmasi Tuhan Yesus sebagai Anak Allah (1)

Pada waktu Tuhan Yesus akan menggenapkan kehendak Allah di dunia, terdapat 6 konfirmasi dari 6 pihak yang ada di dalam dunia. Semuanya secara logika bermuara dan berpuncak pada konfirmasi Bapa: Tuhan Yesus adalah Anak Allah yang Mahatinggi. Petrus kemudian mengakui hal ini dalam Matius 16. Dalam semua konfirmasi ini, konfirmasi Bapa dan Roh Kudus lah yang paling penting.

Pertama, dari Yohanes Pembaptis, mewakili manusia. Yohanes berkata, "Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku, lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasutNya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api" (Mat. 3:11). Yohanes pun merendahkan diri dan merasa diri tidak layak.

Kedua, dari alam semesta yang diwakili oleh "pecahnya" langit. Markus 1:10 menyatakan "langit terkoyak" (Yunani: skisma). Tuhan melakukan suatu fenomena supranatural pada alam: langit terkoyak.

Ketiga, dari Allah Bapa. "Lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: Inilah AnakKu yang Ku kasihi, kepadaNya-lah Aku berkenan" (Mat. 3:17).

Keempat, Roh Kudus seperti burung merpati (bukan burung merpati tetapi 'seperti').

Kelima, setan dipaksa takluk setelah tidak mampu dan kalah dalam mencobai Tuhan Yesus.

Keenam, malaikat. Matius 4:11: "Lalu iblis meninggalkan Dia dan lihatlah malaikat-malaikat datang melayani Yesus". Malaikatpun digerakkan untuk melayani Kristus.