Rabu, 13 Februari 2013

Pokok Doa: Manusia Yang Perlu Injil (3)

Rasul Paulus berkata: "Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh [terjemahan asli: sebab aku tidak beroleh malu] dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani, sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: 'orang benar akan hidup oleh iman'" (Roma 1:16-17).

Berdoalah bagi orang yang merasa dirinya baik dan sudah berbuat baik agar Roh Kudus menginsyafkan dosanya dan sadar bahwa semua kebaikan manusia di hadapan Allah hanyalah kain kotor dan kembali kepada Kristus.

Berdoalah bagi orang yang dijerat oleh iri hati, kebencian dan dendam kesumat yang membara sehingga mereka sadar bahwa mereka pun selayaknya dibenci dan didendami, dan dengan kuasa darah Yesus yang mengampuni, boleh mengampuni orang lain.

Berdoalah bagi orang yang mencari Allah agar melalui Injil, Roh Kudus menyadarkan bahwa yang hilang adalah manusia bukan Allah sehingga tidak mungkin manusia mencari Allah. Tuhan Yesus berkata dalam Lukas 19:10: "Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang".

Berdoalah bagi orang yang cinta uang agar Tuhan menyadarkan bahwa uang bukan segala-galanya. Uang tidak bisa menyelesaikan banyak persoalan. Uang tidak bisa membeli hidup kekal, damai sejahtera, sukacita sejati. Uang juga tidak bisa dipakai untuk melepaskan orang dari kecanduan dosa. Hanya darah Yesus yang berkuasa melepaskan manusia dari jerat dosa.

Berdoalah bagi orang yang tidak mau mengakui adanya Allah agar Roh Kudus melembutkan hatinya sehingga mengakui Allah sebagai PenciptaNya yang dikenal melalui Tuhan Yesus.

Berdoalah bagi orang yang menyembah ciptaan, yang menyembah manusia, menyembah binatang, menyembah pohon dan batu agar mereka boleh dibawa kembali kepada Allah Tritunggal sebagai Allah Sejati dan Pencipta alam semesta. Biarlah melalui Kristus, manusia kembali kepada Allah.

Berdoalah bagi orang yang kecewa dalam hidupnya, putus asa, tidak ada arti hidup, gelisah, bingung agar Roh Kudus memimpin mereka kembali kepada Kristus yang adalah Damai Sejahtera itu sendiri (Efe 2:14) yang sanggup memberi mereka tujuan hidup dan ketenangan. Paulus berkata, "bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan" (Flp 1:21).

Berdoalah bagi orang-orang di sekitar saudara supaya mereka diselamatkan dan percaya kepada Tuhan Yesus.