Sabtu, 16 Februari 2013

Konfirmasi Tuhan Yesus sebagai Anak Allah (2)

Di dalam Injil, Allah Bapa 2 kali mengonfirmasi Tuhan Yesus sebagai AnakNya.

Konfirmasi pertama adalah konfirmasi eksternal yang didengar oleh banyak orang pada waktu Baptisan. Konfirmasi ini adalah konfirmasi pelayanan . Hal ini nyata dalam Lukas 3:22: "Dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung Merpati ke atasnya. Dan terdengarlah suara dari langit: Engkaulah AnakKu yang Ku kasihi, kepadaMu lah Aku berkenan".

Konfirmasi kedua adalah konfirmasi internal yang didengar oleh 3 murid paling dekat: Petrus, Yohanes dan Yakobus. Konteksnya adalah setelah Petrus mengakui Tuhan Yesus sebagai Mesias, Anak Allah yang mahatinggi, Tuhan Yesus mulai memberitakan bahwa Ia akan disalibkan. Bagi orang Yahudi yang menerima konsep bahwa Mesias bersifat militer atau politik, tidak bisa menerima berita Mesias akan disalibkan. Matius 16:22: "Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau". "Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis, engkau suatu batu sandungan bagiku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia" (Mat. 16:23).

Setelah itu, ketika Tuhan Yesus di atas gunung bersama 3 murid terdekat itu, Bapa berkata "Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata, turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari awan itu, terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Ku kasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia"" (Mat. 17:5). Bapa berkata kepada murid-murid: "Dengarkanlah Dia" karena mereka tidak mau mentaati Kristus. Konfirmasi ini adalah konfirmasi penyaliban.