Rabu, 29 Mei 2013

Anthony Hoekema: Kelahiran Kembali

Panggilan efektif adalah tindakan Allah yang berdaulat melalui Roh Kudus-Nya di mana Dia memampukan pendengar panggilan Injil untuk meresponi panggilan-Nya dengan pertobatan, iman dan ketaatan.

[Mengutip Calvin]: hanya jika Allah bercahaya di dalam diri kita dengan terang Roh Kudus-Nya maka ada manfaat dari firmanNya. Maka panggilan di dalam, yang hanya efektif dan khusus bagi kaum pilihan, dibedakan suara manusia yang diterimanya dari luar.

Regenerasi [kelahiran kembali] adalah karya Roh Kudus yang dengannya Roh Kudus mula-mula membawa orang-orang ke dalam kesatuan yang hidup dengan Kristus, mengubah hati mereka sehingga mereka yang dulunya mati secara rohani menjadi hidup secara rohani, dan sekarang berkemampuan dan berkehendak untuk bertobat dari dosa, mempercayai Injil dan melayani Tuhan.

Natur esensial dari Regenerasi: Regenerasi merupakan perubahan yang terjadi secara seketika. Tidak bersifat progresif. Regenerasi merupakan perubahan yang supranatural bukan persuasi moral atau psikologi agama. Regenerasi merupakan perubahan yang radikal. Regenerasi berarti pemberian atau penanaman kehidupan rohani yang baru. Regenerasi merupakan suatu perubahan yagn mempengaruhi keseluruhan pribadi. Regenerasi merupakan suatu perubahan yang terjadi di bawah kesadaran.       

(dicuplik dan disadur dari buku "Diselamatkan ole AnugerahNya")