Kamis, 16 Mei 2013

John Sung: Lima Pilar Membangun Gereja

Lima pilar untuk membangun gereja menurut John Sung:

Pertama, pertobatan. (catatan saya: jikalau di dalam gereja ada pertobatan maka Tuhan dipermuliakan karena manusia berbalik dari ketidakbenaran kepada kebenaran).

Kedua, kelahiran kembali. (catatan saya: paling gawat di dalam gereja yang banyak anggotanya tetapi banyak yang belum dilahirkan kembali alias banyak yang belum diselamatkan. Mereka sebenarnya orang-orang mati yang indekos di gereja).

Ketiga, kekudusan. (catatan saya: Ibrani 12:14B: kejarlah kekudusan karena tanpa kekudusan kita tidak bisa memandang kemuliaan Tuhan. Paling bahagia bila dalam gereja terdapat kesucian ilahi).

Keempat, kemenangan. (catatan saya: orang percaya dan gereja menghadapi peperangan menghadapi setan, dosa, dunia dan penderitaan. Gereja menyatakan kemuliaan Allah ketika menang atas semua itu).

Kelima, pemberitaan Injil. (catatan saya: Pdt. Stephen Tong mengatakan bahwa gereja yang tidak mengabarkan Injil sedang membunuh diri sendiri).

(catatan tambahan: dibalik kelima hal ini ada anugerah Tuhan sebab diluar Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa (1 Kor. 15:10; Yoh. 15:5)).

(dari buku "The Journal Once Lost").

[Catatan saya: pengkhotbah-pengkhotbah kebangunan yang diurapi Tuhan luar biasa seperti Charles Finney, DL Moody, John Sung, John Wesley memiliki pandangan teologi yang Arminian. Artinya, mereka memberi ruang bagi jasa manusia dalam hal misalnya keselamatan, juga hal-hal lain, meski juga dengan variasi tertentu. Hal ini tentu bertentangan dengan pemahaman Reformed yang menekankan kedaulatan dan anugerah Allah dan keselamatan. Meski demikian, pengutipan tulisan mereka atau tentang mereka sudah dalam payung teologi Reformed, artinya hal-hal yang sesuai dengan teologi Reformed. Tidak semua tulisan mereka sesuai dengan teologi Reformed. Karena itu, pembaca perlu bijaksana. Apa yang saya lakukan adalah membawa pembaca menikmati pekerjaan Roh Kudus yang juga dilakukan dengan luar biasa melalui hamba-hamba Tuhan lain].