Minggu, 14 Desember 2014

Bernard of Clairvaux: Ciri-Ciri Orang Sombong (1)

[Amsal 16:5: "Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman."]


[ciri-ciri orang sombong antara lain:]

Dia [orang sombong] merasa lapar dan haus akan para pendengar yang kepadanya dia bisa menunjukkan kesombongannya yang kosong, menumpahkan semua yang dirasakannya dan memberitahu siapa dia dan betapa hebatnya dia.

Dia [orang sombong] menyela sebelum ditanyai. Dia tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan orang lain. Dia mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan dia menjawabnya sendiri dan dia menyela setiap orang yang ingin berbicara.

Kalau seseorang menyombongkan bahwa dia lebih hebat dari orang lain, maka akan menyakitkan baginya kalau dia tidak bisa mengalahkan mereka dalam kinerjanya, sehingga bisa menjadi jelas bahwa dia lebih maju dari pada mereka... Dia bertindak begitu bukannya untuk hidup dengan lebih baik melainkan supaya kelihatan menang dari orang lain sehingga dia bias mengatakan "Aku tidak seperti orang-orang lain".

Dia percaya pujian-pujian yang dia dengar... Kalau dia mendengar sesuatu yang dikatakan untuk memujinya dia berpikir bahwa pujian itu tidak datang karena ketidaktahuan atau kebaikan si pembicara tetapi karena kehebatannya dan dengan angkuhnya dia menerima pujian itu.

bersambung...

(dari buku Calvin Miller, "Berjalan Bersama Orang-Orang Kudus" [Batam: Interaksara])