Senin, 07 April 2014

John Calvin: Jangan Bernafsu Menjadi Kaya (1)

Pertama, prinsip lainnya adalah bahwa orang yang miskin harus belajar bersabar dalam kesulitan agar mereka tidak disiksa oleh nafsu untuk menjadi kaya. Orang-orang yang mengindahkan penguasaan diri seperti ini mengalami kemajuan yang tidak sedikit dalam sekolah Tuhan dan orang-orang yang tidak mengalami kemajuan ini hampir tidak dapat membuktikan kesejatian mereka sebagai murid Kristus.

Kedua, bukan hanya nafsu akan hal-hal duniawi akan selalu disertai oleh hampir semua kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, tetapi juga karena orang yang tidak bersabar dalam kesulitan biasanya akan menunjukkan kebiasaan buruk yang sebaliknya ketika dia berada dalam kemewahan.

Ini berarti bahwa orang yang malu karena memakai pakaian yang sederhana akan menjadi sombong karena memakai pakaian yang mewah. Orang yang tidak puas dengan makanan yang sederhana akan merasa tidak nyaman karena dia menginginkan makanan yang mewah dan akan menjadi tidak terkendali begitu ada kesempatan.

Orang yang menjadi tidak sabar dan tidak puas ketika mengalami keadaan yang sulit tidak akan mampu menjaga dirinya dari kesombongan dan keangkuhan ketika dia menduduki posisi yang terhormat.

Karena itu, hendaklah semua orang yang ingin bersikap tulus dalam ibadah mereka dengan sungguh-sungguh berusaha mengikuti teladan rasul Paulus, "baik dalam hal kenyang maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan" (Flp. 4:12).

bersambung...

(dari buku "Mutiara Kehidupan Kristen" [Surabaya: Momentum])