Kamis, 03 April 2014

Sean M. Lucas: Apakah Artinya Mati Rohani? (2)

[Efesus 2:1: "Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu."
Efesus 4:18: "dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka."
Efesus 4:19: "Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran."]

Ketiga, mereka yang mati secara rohani, adalah mereka yang perasaannya tumpul. Tidak hanya pemahaman mereka yang gelap, mereka dikeraskan oleh kondisi mereka. Keterasingan mereka dari Allah tidak mengganggu pikiran mereka, bahkan tidak akan terbersit dalam pikiran mereka bahwa itu adalah hal yang buruk.

Keempat, mereka adalah orang-orang yang rakus akan kecemaran, bersemangat untuk hidup bagi keinginan mereka yang paling rendah, dibelenggu dan diperbudak kepada apapun yang didiktekan oleh hawa nafsu mereka.
...
Adalah penting untuk mengenali bahwa kematian rohani ini disebabkan oleh pelanggaran dan dosa serta ditandai oleh pelanggaran dan dosa.

[doakan agar orang-orang yang mati rohani diberi kesempatan mendengarkan Injil dan Roh Kudus membuka hati mereka agar dapat menerima Tuhan Yesus]

(dari buku "Apakah Anugerah Itu?" [Surabaya: Momentum])