Sabtu, 30 Juni 2012

Apakah Arti Allah Berdaulat?

Kehendak Allah menjadi penyebab atas segala sesuatu. Allah berotoritas mengendalikan segala sesuatu bagi kemuliaanNya dan sesuai dengan rencanaNya. Allah sanggup melakukan sesuatu yang sinkron dengan seluruh diriNya dan mendatangkan kemuliaan bagi namaNya. Allah tidak bergantung kepada apapun, sebaliknya segala sesuatu bergantung kepada Allah. Seluruh tindakan Allah adalah sebuah tindakan bebas yang sama sekali tidak dipengaruhi oleh apapun. Allah juga selalu aktif, tidak pernah pasif, tidak pernah diam atau pasrah.

Allah berdaulat maka ia mencipta. Dengan kata lain, penciptaan, penebusan, pemeliharaan, wahyu, dan banyak tindakan Allah lain adalah ekspresi dari kedaulatan Allah. Dan semuanya adalah tindakan bebas Allah. Allah tidak harus mencipta, tidak harus menebus, tidak harus memelihara. Bagi manusia, semua itu dipahami sebagai anugerah Tuhan.

Allah berkuasa menetapkan untuk membiarkan, menetapkan untuk mengijinkan, menetapkan untuk memimpin dan menetapkan untuk merencanakan segala sesuatu. Segala sesuatu dikendalikan Allah sesuai dengan kehendakNya dan bagi kemuliaanNya.