Rabu, 20 Juni 2012

Apakah Saudara Bertumbuh Mengenal Allah?

Yeremia 9:23-24: "Beginilah firman TUHAN: janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya; janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya; janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya. Tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh semua itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN".

Kolose 1:10c: "bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah".

Banyak di antara kita yang bertambah pintar, makin kaya, tidak kurang kehebatannya tetapi apakah semakin hari kita semakin bertumbuh mengenal Allah? Paulus menyatakan kita bertumbuh mengenal Allah berarti Paulus tidak berbicara sekedar "cognitive knowledge" (pengetahuan di akal saja) tetapi "personal knowledge" (pengetahuan yang memiliki relasi pribadi). Karena "cognitive knowledge" tentang Allah dapat dibaca dalam satu malam. Tetapi "personal knowledge" diperoleh melalui tahun-tahun berjalan bersama Tuhan.

Kita sudah tahu bahwa Allah itu mahatahu tetapi apakah kita menyadari dan dikuatkan oleh doktrin tersebut pada waktu kita kuatir? Kita sudah tahu bahwa Allah mahahadir tetapi apakah doktrin ini memelihara kita pada waktu kita berada dalam kesulitan? Kita sudah tahu bahwa Allah adalah Allah yang kudus tetapi apakah pengetahuan ini memelihara kita dari kehidupan yang tidak benar?

Mari kita belajar memikirkan doktrin tentang Allah dalam realita hidup kita sehari-hari!