Kamis, 14 Juni 2012

Jonathan Edwards: Kesucian Perkataan

Menetapkan hati untuk tidak pernah membicarakan kejelekan seseorang, yang mengarah kepada penghinaan terhadap dirinya, dengan alasan apapun, kecuali demi kebaikan (Ketetapan Hati No. 16).

Menetapkan hati untuk tidak pernah mengatakan apapun melawan seseorang, kecuali jika itu benar-benar sesuai dengan standar tertinggi kehormatan Kristen dan kasih persaudaraan, sesuai dengan kerendahan hati yang terdalam dan kesadaran akan kesalahan dan kegagalan saya sendiri, dan sesuai dengan Hukum Emas (The Golden Rule), senantiasa bila saya telah mengatakan sesuatu melawan seseorang, saya akan menghadapkan perkataan saya kepada, dan dengan ketat mengujinya berdasarkan resolusi ini (Ketetapan Hati No. 31).

Menetapkan hati dalam percakapan untuk tidak membicarakan hal yang lain kecuali kebenaran yang paling mendasar dan sejati (Ketetapan Hati No. 34).

Menetapkan hati untuk tidak pernah berbicara buruk tentang apapun, kecuali saya memiliki panggilan khusus untuk itu (Ketetapan Hati No. 36).

Menetapkan hati untuk tidak pernah membicarakan hal-hal yang konyol dan menggelikan pada hari Tuhan (Ketetapan Hati No. 38).

Kiranya selalu ada kebaikan di dalam perkataan saya (Ketetapan Hati No. 70).