Kamis, 28 Juni 2012

Sejarah Lagu: Sangat Besar AnugerahNya

Salah satu lagu rohani paling terkenal di dunia adalah Amazing Grace. Lagu ini berbunyi: Amazing grace, how sweet the sound, that saved a wretch like me. I once was lost, but now I'm found. Was blind but now I see. Terjemahan Indonesia: Sangat besar anugrahNya yang t'lah ku alami. Sesat aku dulu kala, s'lamatlah ku kini".

Lagu ini ditulis oleh Pdt. John Newton. Ia lahir 1725 di tengah keluarga Kristen. Ayahnya seorang nakhoda, ibunya seorang Kristen yang mencintai Tuhan dan selalu mengajar firman kepada anaknya. Sayangnya ibunya meninggal pada waktu John berusia tujuh tahun.

Sejak usia 11 tahun, John telah diijinkan ayahnya turut berlayar. Selama berlayar, khususnya ketika tanpa ayahnya, hidupnya rusak dan moralnya bejat karena pergaulan yang buruk dengan para awak. Ia pernah dicambuk karena kejahatannya yang keterlaluan. Ia kemudian bergabung dengan kapal jual beli budak yang begitu kejam. Karirnya terus meningkat hingga ia menjadi nakhoda kapal budak.

Kapal yang ditumpanginya pernah ditimpa badai yang dahsyat. Dari jam tiga pagi sampai tengah hari terus menerus mengeluarkan air yang masuk ke dalam kapal itu. Selepas jam istirahat selama satu jam, ia kembali memegang kendali kemudi. Di tengah pengalaman yang sangat menakutkan itu, ia menerima sebuah buku tentang kekristenan. Ketika ia turun dari kapal, ia pergi ke sebuah gereja dan menerima Tuhan Yesus. Dari sinilah kemudian ia menulis lagu ini.