Kamis, 15 Mei 2014

John Piper: Apa Yang Didoakan Untuk Musuh-Musuh Kita?

Maka saya menganggap Doa Bapa Kami ini adalah doa yang harus didoakan untuk musuh-musuh kita.

Pertama, ini berarti bahwa kita harus memohon kepada Allah agar musuh kita, pertama-tama dan yang terpenting, menguduskan nama Allah dan ia menghargai Allah di atas segalanya dan menghormati Dia dan mengagumi-Nya di dalam proporsi yang sepatutnya kepada Allah.

Kedua, kita harus berdoa bahwa musuh kita berada dalam keselamatan pemerintahan Allah dan bahwa Allah akan menggunakan kuasa seorang raja nuk membua tmusuh kita menjadi hamba-hambaNya yang setia.

Ketiga, kita harus berdoa bahwa musuh kita akan suka melakukan kehendak Allah sebagaimana para malaikat melakukannya di surga dengan segala kekuatan dan tanpa pamrih dan dengan motivasi yang paling murni dan sukacita yang besar.

Keempat, kita harus berdoa agar Allah menyediakan bagi musuh kita segala kebutuhan fisik - makanan dan pakaian dan tempat tinggal dan edukasi dan kesehatan dan transportasi dan sebagainya yang ia perlukan untuk memenuhi panggilan Allah di dalam hidupnya.

Kelima, kita harus mengharapkan hal-hal ini bagi musuh kita sebagaimana yang kita harapkan bagi diri kita sendiri.

Keenam, kita harus berdoa agar dosa-dosanya diampuni dan bahwa ia menjadi orang yang dapat mengampuni.

Ketujuh, dan akhirnya kia harus berdoa agar Allah melindunginya dari cobaan dan dari kuasa Iblis yang menghancurkan. Inilah doa kasih itu.

(dari buku "Apa Yang Yesus Tuntut Dari Dunia" [Malang: Literatur SAAT])