Jumat, 23 Agustus 2013

Kemuliaan Tuhan melalui Hidup Pdt. Stephen Tong (1)

Tuhan itu luar biasa. Ia berkuasa membangkitkan hamba Tuhan, memperlengkapinya dan memakainya secara luar biasa. Marilah kita melihat kemuliaan Tuhan dalam hidup hambaNya:

Pdt. Dr. Daniel Lucas Lukito (Rektor Seminari Alkitab Asia Tenggara) bersaksi:
"...Penulis menyampaikan admirasi dan apresiasi yang mendalam untuk [Pdt. Dr. Stephen Tong]. Walaupun adalah hal yang wajar bagi seorang mantan murid untuk menghargai gurunya, tetapi terhadap pak Tong perasaan apresiasi itu adalah lebih dari sekedar penghargaan; ada semacam 'sense of marvel' terhadap reputasi dan kapabilitasnya dalam pelayanan Kristen.

Penulis mengenal beliau pertama-tama sebagai seorang hamba Tuhan yang dinamis, seorang apologet yang berani dan akurat, seorang pelayan firman yang gigih, seorang pengobar iman yang konsisten, seorang abdi Allah yang setia terhadap kebenaran. Agaknya tidak ada seorangpun di antara rekan atau bekas muridnya yang meragukan penguasaannya di bidang teologi secara umum dan secara khusus teologi Reformasi, terlepas dari apakah mereka menerima pandangannya atau tidak. Refleksi teologisnya tidak pernah terkesan dangkal, sekalipun terkadang bernuansa kontroversial. Semuanya itu kerap kali dilengkapi dengan rambu-rambu 'insight for living' sehingga orang yang mendengarkan khotbah, ceramah dan kuliahnya cenderung menjadi 'tertawan' karena mengena pada konteks pemikiran dan kehidupan mereka.
Pak Tong, selamat untuk tahun-tahun pelayanan yang mengagumkan".

Pdt. Stephen Tong dalam acara ucapan syukur ulang tahun pelayanan ke 50, berkata bahwa 50 tahun pelayanan membuktikan bahwa Tuhan dengan sabar dan setia mengasihi dan memberi kekuatan bagi hambaNya yang tidak layak.

Biarlah kemuliaan Tuhan kembali kepada Tuhan dan kita belajar dari kehidupan hambaNya.

(Kesaksian berasal dari buku Hendra G. Mulia, Ed, "Perjuangan Menantang Zaman" [Jakarta: Reformed Institute Press, 2000])