Kamis, 06 Februari 2014

Guru Sekolah Minggu-Orang Tua, Waspadalah! (2)

Selain Tuhan Yesus begitu mementingkan anak-anak, kita melihat banyak alasan lain, mengapa anak-anak harus dididik dengan baik dan bertanggung jawab.

Pertama, bagaimanapun, anak-anak adalah anugerah Tuhan yang dipercayakan kepada kita. Semua anugerah Tuhan harus dipertanggungjawabkan dalam penghakiman terakhir.

Kedua, Pdt. Stephen Tong mengatakan bila kita salah memakai uang maka kita akan dihakimi tetapi uang tidak dihakimi. Tetapi bila kita salah mendidik anak, kita akan dihakimi, anak-anak juga akan dihakimi.

Ketiga, anak-anak melewati masa-masa awal di mana terjadi pembentukan konsep yang akan mempengaruhi seumur hidup mereka. Amsal 22:6: "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."

Keempat, justru pendidikan anak paling sulit karena dampaknya sangat berbahaya. Anak-anak mempunyai sifat: gampang menerima dan mengingat pengajaran tetapi sulit melupakannya. Orang tua justru terbalik: sulit menerima dan mengingat pengajaran tetapi gampang melupakannya. Anak-anak belum mempunyai kemampuan kritis tetapi gampang menerima semua pengajaran. Sebaliknya, orang tua sudah bisa bersikap kritis. Karena itu, bila pengajarannya tidak benar, anak-anak akan menerima dan mengingatnya seumur hidupnya.

Kelima, Tuhan marah kepada Imam Eli karena tidak mendidik anak dengan baik. Ia dianggap tidak menghormati Tuhan. Demikian juga kitab Amsal menegaskan bahwa orang yang mengasihi anaknya akan mendidiknya. Orang tua yang tidak mendidik anaknya dengan baik, justru tidak mengasihinya.

Karena itu, baik kita sebagai orang tua maupun guru sekolah minggu, berdasarkan hati yang takut kepada Allah dan hati yang mencintai anak-anak, kita mendidik anak-anak yang dipercayakan kepada Tuhan dengan bertanggung jawab.

Guru Sekolah Minggu, persiapkan diri dengan baik, terutama jangan sampai pengajarannya tidak benar. Mintalah petunjuk dari hamba Tuhan di gereja setempat agar tidak salah mengajarkan doktrin.

Orang tua, jangan biarkan anak-anak kita bertumbuh bersama handphone, tablet, televisi apalagi internet. Mari kita mendidik mereka untuk takut kepada Tuhan. Orang tua yang tidak benar, baik yang menghajar anak-anaknya dengan sembarangan atau yang memanjakan sebebas-bebasnya, akan melahirkan "monster-monster" yang menakutkan di kemudian hari.

Mintalah anugerah Tuhan untuk anak-anak kita...