Kamis, 06 Februari 2014

Guru Sekolah Minggu-Orang Tua, Waspadalah! (1)

Seringkali orang beranggapan bahwa pelayanan sekolah minggu adalah pelayanan yang paling gampang. Toh, "hanya" anak-anak. Jadi, siapa saja yang belum ada pelayanan, asal bisa lucu-lucu, boleh menjadi guru sekolah minggu. Apalagi, bisa saja orang mempunyai paradigma sekolah minggu sebagai tempat untuk mengurung para pengganggu kebaktian umum. Daripada anak-anak mengikuti kebaktian umum dan mengganggu, lebih baik mereka disatukan di ruangan yang lain lalu ada penjaga yang namanya Guru Sekolah Minggu. Konsep seperti ini sangat tidak benar dan bertentangan dengan firman Tuhan.

Orang tua juga seringkali mempunyai paradigma yang salah. Anak-anak adalah pengganggu karier; anak-anak adalah hiburan; dan sebagainya. Itu sebabnya, banyak orang tua memperlakukan anak-anaknya dengan sembarangan. Nanti kemudian anak-anaknya bertumbuh menjadi orang dewasa yang tidak benar, orang tua kembali menghajar dia. Orang tua secara tidak sadar sudah berdosa dua kali: sudah salah mendidik tapi malah menghajar.

Tuhan Yesus memberi tempat yang penting bagi anak-anak. Lihatlah ayat-ayat berikut ini:

Mar_9:36  Maka Yesus mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, kemudian Ia memeluk anak itu dan berkata kepada mereka:

Mar_9:37  "Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku."

Mar_9:42  "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut.

Mar_10:14  Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.

Mar_10:15  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya."

Mar_10:16  Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

bersambung...