Sabtu, 01 Juni 2013

Ayat-Ayat: Butiran Mutiara Kitab Ayub (2)

Kebanyakan di antara kita paling suka membaca Ayub pasal 1-2 lalu loncat ke pasal 42. Dari persoalan mau langsung ke jawaban atau solusi. Kita tidak mau mengikuti pergumulannya. Sekarang kita melihat cuplikan ayat-ayat penting dalam Ayub 3-41 (meskipun semua ayat penting).

32:1-3: Maka ketiga orang itu menghentikan sanggahan mereka terhadap Ayub, karena ia menganggap dirinya benar. Lalu marahlah Elihu bin Barakheel, orang Bus, dari kaum Ram; ia marah terhadap Ayub, karena ia menganggap dirinya lebih benar dari pada Allah dan ia juga marah terhadap ketiga orang sahabat itu, karena mereka mempersalahkan Ayub, meskipun tidak dapat memberikan sanggahan. 

33:6-7: Sesungguhnya, bagi Allah aku sama dengan engkau, akupun dibentuk dari tanah liat. Jadi engkau tak usah ditimpa kegentaran terhadap aku, tekananku terhadap engkau tidak akan berat. 

37:23-24: Yang Mahakuasa, yang tidak dapat kita pahami, besar kekuasaan dan keadilanNya, walaupun kaya akan kebenaran, Ia tidak menindasnya. Itu sebabnya Ia ditakuti orang; setiap orang yang menganggap dirinya mempunyai hikmat, tidak dihiraukanNya. 

39:34-38: Maka jawab TUHAN kepada Ayub: "Apakah si pengecam hendak berbantah dengan Yang Mahakuasa? Hendaklah yang mencela Allah menjawab!" Maka jawab Ayub kepada TUHAN: "Sesungguhnya, aku ini terlalu hina; jawab apakah yang dapat kuberikan kepadaMu? Mulutku kututup dengan tangan. Satu kali aku berbicara, tetapi tidak akan kuulangi; bahkan dua kali, tetapi tidak akan kulanjutkan". 

40:3: Apakah engkau hendak meniadakan pengadilanKu, mempersalahkan Aku supaya engkau dapat membenarkan dirimu?