Jumat, 01 November 2013

Warren Wiersbe: Tikhikus (1)

Ketika Paulus meninggalkan Efesus, ia disertai tujuh orang percaya lain - di antaranya Tikhikus (Kis. 20:4). Orang-orang ini membantu Paulus membawa persembahan kasih dari jemaat-jemaat bukan Yahudi kepada orang-orang kudus yang miskin di Yudea (1 Kor. 16:1; 2 Kor. 8-9). Dua saudara yang disinggung Paulus dalam suratnya yang kedua kepada jemaat di Korintus kemungkinan adalah Tikhikus dan Trofimus (2 Kor. 8:19-24).

Tikhikus menemani Paulus dalam penjara di Roma dan tidak diragukan kehadirannya sangat berarti bagi Paulus dalam banyak hal. Paulus memilih Tikhikus dan Onesimus untuk menyampaikan surat kepada jemaat di Efesus (Ef. 6:21) dan surat kepada jemaat di Kolose (Kol. 4:7-9). Tentu saja mereka juga membawa surat pribadi untuk Filemon. Paulus meminta Tikhikus untuk menceritakan keadaannya di Roma secara terinci kepada orang-orang Kristen di Kolose.

Penjelasan Paulus tentang Tikhikus mengungkapkan betapa mengesankan kehidupan Kristen Tikhikus. Ia seorang saudara yang kekasih, yang bersedia tinggal bersama Paulus sekalipun keadaannya sulit. Alangkah menguatkan memiliki saudara seiman di samping kita ketika segala sesuatu seakan-akan memusuhi kita!

bersambung...

(Catatan: di dalam membaca tafsiran apapun, kita perlu menguji secara doktrinal, termasuk membandingkan dengan ayat-ayat lain, untuk menguji apakah tafsirannya konsisten secara Alkitab dan doktrin Reformed)

(dari buku tafsiran Kolose "Utuh di Dalam Kristus" [Bandung: Kalam Hidup])