Rabu, 30 Oktober 2013

J. I Packer: Menghormati Keagungan Tuhan (1)

Sekarang, izinkan Yesaya [pasal 40] menerapkan doktrin Alkitab tentang kebesaran Allah kepada kita, dengan mengajukan tiga pertanyaan yang ia katakan dengan nama Allah kepada orang Israel yang sedang kecewa dan putus asa.

Pertama, "Dengan siapakah hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti Dia? Firman Yang Mahakudus" (Yes. 40:25). Pertanyaan ini menegur pikiran yang salah tentang Allah. Pemikiranmu tentang Allah terlalu manusiawi" kata Luther kepada Erasmus. Di sinilah kita seringkali tersesat. Pemikiran kita tentang Allah tidak cukup besar. Kita tidak dapat melihat hikmat dan kuasaNya yang tidak terbatas melalui kenyataan. Karena kita sendiri terbatas dan lemah, kita membayangkan bahwa pada titik tertentu Allah juga demikian, dan kita merasa sulit untuk mempercayai bahwa Ia tidak seperti itu. Kita mengira Allah terlalu kecil seperti halnya kita. Luruskan kesalahan itu, firman Allah; belajarlah mengakui keagungan Allah dan Juruselamat yang tidak tertandingi.

Kedua, "Mengapakah engkau berkata demikian, hai Yakub, dan berkata begini, hai Israel: Hidupku tersembunyi dari TUHAN, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?" (Yes. 40:27). Pertanyaan ini menegur pemikiran yang salah tentang diri kita. Allah tidak pernah meninggalkan kita seperti halnya Ia tidak meninggalkan Ayub. Ia tidak pernah meninggalkan seorangpun yang Ia kasihi.

bersambung...

(dari buku "Mengenal Allah" [Yogyakarta: Andi])