Kamis, 03 Oktober 2013

Kemuliaan Inkarnasi Kristus

Tuhan Yesus itu luar biasa!

Tuhan Yesus adalah Allah sejati yang mengambil natur manusia dan berinkarnasi di dalam dunia. Selama di dalam dunia, Ia adalah Allah sejati, sekaligus manusia sejati. Ia adalah Allah yang tidak terbatas yang rela hidup dalam dunia yang terbatas. Kristus adalah Allah yang suci yang rela hidup di tengah manusia yang najis. Tuhan Yesus adalah Allah yang mahakuasa tetapi rela hidup menderita di dalam dunia.

Kesabaran Tuhan Yesus bukan hanya sampai di situ. Ia juga rela mengikuti proses hidup manusia sejak dari bayi hingga 30 tahun dan Ia mulai melayani lalu kemudian disalibkan dan bangkit. Kesabaran ini juga nyata dalam menghadapi kekurangan murid-murid. Kesabaran dan kerendah-hatian Tuhan Yesus sangat luar biasa. Puji Tuhan!

Bayangkan, bila kita yang sudah menyelesaikan studi sarjana atau magister lalu disuruh mengikuti pelajaran di Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar. Jangankan sampai lulus, 1 tahun saja (bukan sebagai guru tetapi sebagai murid), sudah sangat berat. Bagaimana mengatasi perasaan bosan terhadap semua pelajaran yang sudah kita ketahui? Bagaimana mengatasi perasaan jengkel karena kita seharusnya bukan saja tidak boleh menjadi murid tetapi menjadi guru bahkan kepala sekolah? Apalagi kita juga disuruh-suruh seperti anak TK/SD? Dari sini kita bisa membayangkan pengalaman inkarnasi Kristus, meski bayangan ini tidak sempurna.

Tuhan Yesus rela menjalani kehidupan inkarnasi dan merendahkan diri yang luar biasa demi melaksanakan kehendak Allah - untuk menyelamatkan orang yang percaya. Biarlah segala yang bernafas memuji Dia!