Selasa, 01 Oktober 2013

Tuhan Mencukupkan Kebutuhan Jasmani Orang Percaya (1)

Di dalam Alkitab, pengajaran firman Tuhan sangat jelas berkenaan dengan pemeliharaan Tuhan atas kehidupan jasmani orang percaya. Mengapa demikian?

Pertama, secara umum, Tuhan yang berkuasa mencipta maka Ia pulalah yang berkuasa memelihara kehidupan manusia.

Kedua, secara spesifik, Tuhan telah menjadikan kita sebagai orang percaya, umatNya dan Alkitab menyebut kita sebagai "anak-anakNya". Karena itu, kepada siapakah kita mengharapkan pemeliharaan Tuhan, bila tidak kepada Bapa yang memelihara?

Ketiga, ketika kita masih berdosa, Bapa di Surga telah menyerahkan AnakNya mati menanggung dosa kita di kayu salib. Terlebih sekarang kita sudah menjadi anakNya (Roma 5:10). Tuhan tidak mungkin tidak memelihara kita.

Keempat, Tuhan Yesus mengajarkan kita berdoa dalam Doa Bapa Kami untuk mendoakan kebutuhan jasmani (bukan kerakusan jasmani) yang diwakili oleh permohonan soal makanan. Di sini Tuhan mengajarkan kepada kita untuk bersandar kepada Tuhan juga dalam hal-hal jasmani.

Kelima, kesaksian Alkitab sangat jelas mengenai bagaimana Bapa di surga memelihara orang percaya. Jangan orang percaya atau manusia, burung di udara saja dipelihara oleh Tuhan. Pada waktu orang Israel berangkat dari tanah perbudakan Mesir menuju tanah perjanjian Kanaan, Alkitab bersaksi bahwa Allah terus memberikan manna kepada mereka tiada hentinya. Yosua 5:12: "Lalu berhentilah manna itu, pada keesokan harinya setelah mereka makan hasil negeri itu. Jadi orang Israel tidak beroleh manna lagi, tetapi dalam tahun itu mereka makan yang dihasilkan tanah Kanaan."

Masih ada banyak argumentasi lainnya yang menegaskan bagaimana Tuhan memelihara dan mencukupkan kebutuhan jasmani orang percaya.

Bersambung...