Selasa, 29 Oktober 2013

Konfirmasi Tuhan (2)

Konfirmasi Tuhan dapat terjadi melalui berbagai cara. Di dalam pelayanan penginjilan di daerah-daerah yang sulit, kerap kali Tuhan menyertai pelayanan tersebut dengan mujizat untuk meneguhkan berita Injil (Ibr. 2:4). Tetapi yang lebih penting adalah konfirmasi Tuhan melalui penyertaan kuasa Tuhan sehingga orang-orang yang diinjili terbuka hati untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. 

Ketika hamba-hamba Tuhan dan orang percaya sejati dihina oleh manusia, kerap kali Tuhan mengkonfirmasi mereka dengan membongkar kebobrokan manusia yang menghina mereka sehingga masyarakat menjadi tahu siapa yang benar dan siapa yang tidak benar. Konfirmasi Tuhan juga dapat terjadi melalui Tuhan menjatuhkan hukuman kepada orang-orang yang menghina pekerja dan pekerjaan Tuhan. Ada bentuk lain lagi yakni Tuhan mengkonfirmasi hamba-hamba Tuhan melalui menambah jumlah orang yang menjadi percaya dalam pemberitaan Injil mereka. 

Tujuan akhir dari konfirmasi Tuhan sebenarnya bukanlah memuliakan hamba-hamba Tuhan tetapi memuliakan Tuhan sendiri. Pada waktu manusia menghina hamba-hamba Tuhan, mereka sebenarnya sedang menghina Tuhan. Banyak hamba Tuhan yang ketika dihina tidak membela diri, tidak mengancam dan tidak mencaci maki. Mereka mengambil jalan seperti Kristus (1 Ptr. 2) dan menyerahkan kepada Allah yang adil. Pada waktunya Tuhan, Tuhan mengkonfirmasi pelayanan hamba-hambaNya yang setia. Tuhan ditinggikan karena konfirmasi itu.