Selasa, 29 Oktober 2013

Konfirmasi Tuhan (1)

Konfirmasi Tuhan merupakan ciri khas identitas dan kekuatan pelayanan hamba-hamba Tuhan dalam Alkitab dan dalam sejarah. Mereka diragukan oleh komunitas sendiri dan dihina oleh dunia. Meski demikian, Tuhan yang memanggil mereka tidak tinggal diam. Tuhan mengkonfirmasi mereka dengan cara dan waktu Tuhan.

Pada waktu Nuh membuat bahtera, banyak orang yang tidak percaya. Terbukti yang mengikutinya hanya 7 orang. Tetapi kemudian Tuhan mengkonfirmasi pemberitaan Nuh melalui air bah. Ketika Lot mengajak menantunya untuk keluar dari Sodom, mereka bukan saja tidak mau malah menertawakannya. Tuhan mengkonfirmasi Lot melalui peristiwa api belerang dari langit. Konfirmasi Tuhan dalam Alkitab yang paling jelas adalah ketika Elia "bertarung" melawan nabi-nabi Baal. Tuhan menyatakan bahwa Elia adalah hambaNya melalui cara api dari langit membakar habis korban persembahan sampai-sampai air di parit juga dijilat api.

Hamba-hamba Tuhan di Alkitab yang sejati tidak pernah mencari dukungan, persetujuan dan konfirmasi manusia. Mereka bersandar kepada konfirmasi Tuhan. Meski mereka dihina oleh manusia tetapi Tuhan akan membuktikan bahwa mereka adalah hamba Tuhan sejati yang sungguh-sungguh dipanggil oleh Tuhan.