Jumat, 18 Oktober 2013

Oswald Sanders: Potensi Menjadi Pemimpin (2)

[Oswald Sanders, mantan Direktur Lembaga Misi Overseas Missionary Fellowship, menulis sebuah buku yang luar biasa: "Kepemimpinan Rohani". Di dalamnya ia memberikan beberapa pertanyaan penggali kemungkinan atau potensi menjadi pemimpin]

Dapatkah Anda menjalin persahabatan dan menjaga persahabatan itu? Kalangan sahabat setia Anda merupakan indeks potensi Anda sebagai pemimpin.

Apakah Anda bergantung pada pujian orang lain untuk tetap maju? Dapatkah Anda tetap teguh menghadapi ketidaksetujuan dan bahkan hilangnya kepercayaan diri sementara?

Apakah Anda merasa nyaman di tengah-tengah orang yang tidak Anda kenal? Apakah Anda merasa gugup berada bersama atasan Anda?

Apakah orang-orang yang memberi laporan kepada Anda secara umum merasa nyaman? Seorang pemimpin harus bersikap simpati dan bersahabat.

Apakah Anda tertarik kepada orang-orang? Semua jenis? Semua ras? Tanpa prasangka?

Apakah Anda bijaksana? Dapatkah Anda mengantisipasi bagaimana kata-kata Anda akan mempengaruhi seseorang?

Apakah kemauan Anda kuat dan teguh? Para pemimpin tidak boleh terombang-ambing dan bergerak kian kemari mengikuti angin.

Dapatkah Anda memaafkan? Atau apakah Anda menyimpan dendam dan melabuhkan perasaan sakit hati terhadap mereka yang telah menyakiti Anda?

Apakah Anda sangat optimistis? Pesimisme dan kepemimpinan tidak dapat bercampur?

Apakah Anda merasakan gairah yang menguasai seperti yang dimiliki Paulus, yang berkata, "Satu hal yang kulakukan ini!" Motif tunggal seperti itu akan memusatkan tenaga dan kekuatan Anda pada sasaran yang diinginkan. Para pemimpin membutuhkan fokus yang kuat.

Apakah Anda menyambut tanggung jawab?