Jumat, 06 Desember 2013

Akhir Zaman dan Berjaga-Jaga

Banyak orang percaya suka mengaitkan akhir zaman dengan kejadian fenomenal, aneh-aneh dan spektakuler. Tetapi di dalam Injil, yang merupakan khotbah Tuhan Yesus, justru Tuhan Yesus berulang-ulang menekankan respon orang percaya supaya berjaga-jaga. Paulus juga menggemakan apa yang diucapkan oleh Tuhan Yesus. Perhatikan cuplikan ayat-ayat ini:

Mar 13:5  Maka mulailah Yesus berkata kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!

Mar 13:9  Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan kamu akan dihadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja karena Aku, sebagai kesaksian bagi mereka.

Mar 13:23  Hati-hatilah kamu! Aku sudah terlebih dahulu mengatakan semuanya ini kepada kamu."

Mar 13:33  "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.

Mar 13:35  Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
Mar 13:36  supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.

Mar 13:37  Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"


Perhatikan juga perkataan Tuhan Yesus dalam Injil Lukas:

Luk 21:34  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

Luk 21:35  Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.

Luk 21:36  Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Marilah kita berjaga-jaga menghadapi zaman yang akan datang, waktu yang sedang berjalan terus dan kemungkinan kita bertemu Tuhan atau Tuhan Yesus datang kembali...