Selasa, 10 Desember 2013

Makna Kegelisahan Eskatologis

Orang-orang yang dipakai Tuhan luar biasa dalam sejarah gereja, menjelang akhir hidupnya mereka mempunyai kegelisahan eskatologis (teologi tentang hal-hal terakhir dalam hidup manusia dan dalam zaman). Kegelisahan eskatologis adalah kegelisahan menjelang kematian atau menjelang kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dan kesadaran akan penghakiman Allah dalam kekekalan.

Karena itu, hamba-hamba Tuhan yang setia, menjelang kematiannya, menggumulkan kehendak Tuhan mana yang belum dilaksanakan dalam hidupnya. Meskipun tenaga mereka makin sedikit tetapi mereka bukan saja tidak mengurangi pelayanan malah menambah pelayanan. Hal ini terlihat dalam hidup John Sung. Bagaikan lampu minyak, ketika minyak tinggal sedikit, apinya tidak dikurangi malah dibesarkan. Hal ini dimaksudkan agar cahayanya bersinar lebih terang di tengah kegelapan dunia.

Pada konteks seperti ini, medis, uang, dan hal-hal binasa lainnya tidak menjadi pertimbangan mereka. Fokus dari hamba-hamba Tuhan ini adalah kehendak Allah diselesaikan, dituntaskan sampai titik terakhir bahkan titik darah penghabisan.

Seharusnya kita setiap hari mempunyai kegelisahan esktologis:

Kegelisahan kalau waktu terus berjalan tetapi tidak banyak melakukan kehendak Tuhan.
Kegelisahan bahwa kematian dan kedatangan Tuhan semakin dekat.
dan seterusnya...