Rabu, 18 Desember 2013

Philip Yancey: Natal dan Kerendahan Hati

Saya teringat ketika pada satu musim Natal saya duduk di auditorium yang indah di London dan mendengarkan Messiah karya Handel, di mana seluruh paduan suara menyanyikan tentang hari ketika "kemuliaan Tuhan akan diungkapkan". Saya menghabiskan pagi hari di museum mengamati sisa-sisa kemegahan Inggris - mahkota bertatahkan permata, tongkat kerajaan emas murni, kereta Lord Mayor bersepuh emas - dan terpikir oleh saya bahwa citra kekayaan dan kekuasaan seperti itulah yang pasti memenuhi pikiran orang-orang di zaman Yesaya yang pertama kali mendengar janji itu. 

Ketika orang Yahudi membaca perkataan Yesaya, tidak diragukan lagi mereka berpikir dengan penuh rasa nostalgia pada zaman keemasan Salomo ketika "Raja membuat banyaknya perak di Yerusalem sama seperti batu". Namun Mesias yang muncul mengenakan kemuliaan dalam bentuk lain, kemuliaan dalam kerendahan...

(dari buku "Bukan Yesus Yang Saya Kenal" [Batam: Gospel Press])