Jumat, 20 Desember 2013

Ambisi Suci Seorang Hamba Tuhan (2)

Ketiga, seorang hamba Tuhan perlu memiliki ambisi intelektual. Ambisi intelektual berarti ambisi untuk memiliki pengetahuan. Tujuannya bukan untuk memuaskan diri tetapi untuk kepentingan ministerial. Ambisi intelektual berbeda dengan ambisi menyandang gelar akademik. Orang yang memiliki gelar akademik belum tentu berpengetahuan. Orang yang memiliki banyak pengetahuan juga belum tentu memiliki gelar akademik. Jadi tidak ada relasi langsung antara kedua hal tersebut.

Di dalam Surat Filipi 3:10, Paulus menyatakan ambisinya yakni untuk mengenal Allah. Pada pengertian tertentu, kita dapat menafsirkan bahwa ambisi ini adalah suatu ambisi intelektual. Paulus ingin mempunyai pengetahuan tentang Allah. Efesus 4:11-15, Paulus menyatakan bahwa jabatan-jabatan gereja diadakan oleh Tuhan untuk memperlengkapi gereja Tuhan. Orang percaya diperlengkapi dalam banyak hal, salah satunya adalah pengetahuan yang benar tentang Anak Allah.

Dengan ini, seorang hamba Tuhan perlu memiliki ambisi untuk berpengetahuan secara teologis. Seorang hamba Tuhan perlu terus menerus mempelajari buku-buku teologi yang benar dan sehat sehingga membangun pemahaman teologisnya secara komprehensif. Sekarang, penerbit-penerbit Indonesia telah menerbitkan banyak buku teologi yang berbobot dan sesuai dengan Alkitab. Penerbit Momentum, yang menerbitkan buku-buku teologi Reformed, misalnya, bahkan memberikan potongan harga sangat besar khusus untuk hamba Tuhan sehingga memudahkan hamba Tuhan memiliki buku-buku berbobot.

Pengetahuan teologis berfungsi dalam beberapa aspek antara lain menolong hamba-hamba Tuhan agar dapat mempunyai penafsiran yang benar terhadap firman Tuhan. Tujuan akhirnya adalah jemaat dipimpin kepada kebenaran. Selain itu, pengetahuan teologis juga bermanfaat menolong hamba-hamba Tuhan agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan, baik yang diajukan oleh jemaat maupun oleh orang-orang yang belum mengenal Kristus sehingga melalui jawaban tersebut, mereka dapat dibimbing kepada kebenaran. Mengenai pengetahuan yang lain, saya akan membahasnya di dalam ruang yang lain.

Tuhan memberkati.