Kamis, 12 Desember 2013

Richard Baxter: Cara Allah Menolong Kita Untuk Bersuka

[Bagian ini adalah tulisan Richard Baxter yang ditulis ulang oleh Mark Shaw. Tulisan dalam tanda kutip (" ") merupakan kutipan dari Baxter sedangkan sisanya adalah catatan Shaw. Terdapat seluruhnya 16 cara namun Shaw hanya mengutip 5 di antaranya]

Pertama, Allah memberikan kepada kita berbagai objek keindahan yang kudus untuk menjadi fokus pikiran kita, seperti "sifat-sifat-Nya, kasih-Nya, kemurahan-Nya, Putra-Nya, Roh Kudus-Nya dan kerajaan-Nya". Allah Trinitas dan kesempurnaan-Nya diberikan untuk membangkitkan pujian dan kesukaan di dalam hati kita.

Kedua,  Allah memberi kita Roh Kudus-Nya untuk menolong kita bersuka di dalam Allah dengan cara "mematikan, membersihkan, mencerahkan dan membangun rohani kita".

Ketiga, Allah telah memberi kita salib Kristus, yang telah menebus sukacita bagi umat-Nya melalui penderitaan-Nya sendiri sebagai gantinya: "menanggung penderitaan kita dan menjadi manusia yang penuh derita, sehingga kita yang tidak melihat-Nya, boleh bersukacita di dalam iman, dengan sukacita yang tak terkatakan dan yang penuh dengan kemuliaan".

Keempat, Allah memberi kita firman-Nya yang "berulang kali memerintahkan kita untuk bersukacita dan terus menerus memerintahkan kita untuk bersukacita".

Kelima, Allah memberi kita janji firman-Nya: "Tidak percuma Ia mengisi firman-Nya dengan kesukaan dan penghiburan, melalui kabar terbaik yang pernah datang kepada manusia dan melalui berbagai janji setia-Nya".

(dari buku "Sepuluh Pemikiran Besar Dari Sejarah Gereja")