Kamis, 28 Maret 2013

Ayat-Ayat: Yesaya 52-53 dalam Terjemahan Lama

52:13 Bahwasanja hambaku itu akan melakukan dirinja dengan akal budi; iapun akan diangkat tinggi-tinggi dan dipermuliakan amat sangat.

52:14 Seperti tertjengang-tjenganglah banjak orang akan dia, sebab begitu buruk mukanja, terlebih pula daripada barang seorang, dan rupanjapun terlebih pula daripada segala anak Adam;

52:15 Demikianpun akan disukakannja banjak orang kafir, maka radja-radja akan mengatupkan mulutnja di hadapannja; karena orang jang belum dikatakan akan halnja, ia itu akan melihatnja, dan orang jang belum mendengar dia, ia itu akan mengetahuinja.

53:1 Siapa gerangan telah pertjaja akan kabar kami, dan kepada siapa tangan Tuhan dinjatakan?

53:2 Karena ia telah tumbuh di hadapan hadliratnja seperti taruk muda, seperti sebuah akar dari pada tanah jang kering; maka tiadalah padanja barang keelokan atau kemuliaan, sehingga kita pandang akan dia, dan tiada pula rupanja, sehingga kita rindu akan dia.

53:3 Bahwa ia ditjelakan dan terhina di antara segala manusia, seorang jang kena sengsara dan jang biasa dalam kesukaran, seperti seorang jang dari padanja djuga ditudungi oranglah mukanja, demikianlah ia ditjelakan, maka kitapun tiada mengindahkan dia.

53:4 Sebenarnja ditanggungnja segala kelemahan kita dan diangkutnja segala penjakit kita, tetapi pada sangka kita bahwa disengsarakan dan dipalu dan direndahkan Allah akan dia.

53:5 Tetapi ia sudah kena luka karena sebab segala kesalahan kita, dan iapun dihantjurkan karena sebab segala kedjahatan kita; bahwa siksa jang mendatangkan selamat bagi kita itu berlaku atas dia dan oleh segala bilurnja kitapun disembuhkan.

53:6 Bahwa sesatlah kita sekalian seperti domba, masing-masing kita balik kepada djalannya sendiri, tetapi segala kedjahatan kita ditempuhkan Tuhan kepadanja.

53:7 Apabila ia itu ditagih maka iapun disengsarakan, tetapi tiada dibukakannja mulutnja; seperti seekor anak domba ia dihantar akan dibantai dan seperti seekor kambing biri-biri kelu dihadapan orang yang mengguntingi bulunja, demikian pun tiada dibukakannja mulutnja.

53:8 Bahwa iapun diangkat dari dalam kepitjikan dan dari dalam pehukuman, maka diantara segala orang zamannja siapakah memperhatikannja, bahwa ia dikerat dari negeri orang yang hidup; karena sebab kesalahan segala umatku maka bala itu sudah berlaku atasnja.

53:9 Bahwa ditentukan oranglah kuburannja di antara segala orang fasik, tetapi dalam hal matinja adalah ia diantara orang kaja-kaja, karena iapun tiada berbuat dosa dan tipupun tiada terdapat daripada mulutnja.

53:10 Tetapi adalah kehendak Tuhan djuga menghantjurkan dia dan mempersakiti dia. Apabila sudah diserahkan njawanja akan korban karena salah, iapun akan melihat benih dan melandjutkan umur, maka keridlaan Tuhanpun akan beruntung oleh tangannja.

53:11 Karena sebab kesukaran djiwanja iapun akan melihatnja dan hatinja akan berpuas; dengan pengadjarannja djuga hambaku jang benar itu akan membenarkan banjak orang, karena akan ditanggungnja segala dosa mereka itu.

53:12 Maka sebab itu Aku akan mengaruniakan kepadanja suatu bahagian daripada orang banjak dan diambilnja akan dirinja orang-orang jang berkuasa seolah-olah barang djarahan sebab sudah ditjurahkannja njawanja ke dalam maut dan iapun dibilang dengan orang durhaka dan sudah ditanggungnja dosa orang banjak dan sudah dipintanja doa akan orang durhaka.