Selasa, 19 Maret 2013

Jonathan Edwards: Yesus Sejati Makin Dihormati (2)

Jadi, jika orang diyakinkan bahwa mereka membutuhkan Kristus dan dipimpin kepadaNya, jika keyakinan mereka bahwa Kristus telah datang dalam sejarah diteguhkan; jika mereka semakin yakin bahwa Kristus adalah Anak Allah yagn diutus untuk menyelamatkan orang berdosa; jika mereka mengakuiNya sebagai satu-satunya Juruselamat dan mereka sangat membutuhkanNya; jika mereka lebih menghargaiNya dari pda sebelumnya dan mengasihiNya - maka kita dapat menyimpulkan bahwa Roh Kudus memang sedang berkarya! Ketika mengatakan hal ini saya menyadari bahwa ktia tetap belum mampu untuk memastikan apakah karyaNya dan penginsafan-penginsafan ini telah menyelamatkan orang-orang yang mengalaminya. Ini adalah hal yang berbeda.

Kata-kata dalam ayat ini tepat seperti yang diucapkan Rasul Yohanes, sangat penting. Roh Kudus memberi kesaksian tentang Yesus sejati yang telah datang sebagai manusia, bukan tentang Kristus palsu atau tiruan, seperti "Kristus" yang diikuti oleh aliran mistik kuno atau kaum liberal masa kini. Mereka mungkin memuja Kristus palsu rekaan mereka sendiri, tetapi sama sekali tidak menghormati Yesus sejati yang telah datang dalam sejarah. Memang, mereka telah menyimpang dari Dia. Namun tidak ada roh yang dapat bersaksi tentang Yesus yang sejati, atau memimpin manusia kepadaNya, selain Roh Allah sendiri.

Mengapa demikian? Sebab Iblis memiliki kebencian yagn pahit dan abadi terhadap Yesus yang sejati, terutama dalam peranNya sebagai Juruselamat. Iblis begitu membenci kisah dan doktrin penebusan. Iblis tidak mungkin mau bekerja di dalam diri manusia untuk menghasilkan pikiran-pikiran yang menghormati Yesus, atau menyebabkan mereka menghargai perintah-perintahNya. Roh yang membalikkan hati manusia kepada 'benih perempuan' itu bukanlah roh ular yang memiliki kebencian abadi terhadapNya.

Ketika ktia melihat terjadinya suatu hal di dalam dunia agama, dan perlu membuat penilaian, pertanyaan pertama yang perlu kita ajukan adalah "Benarkah orang-orang tersebut semakin mengasihi, menghormati dan meninggikan Tuhan Yesus?"

(dari buku "Allah Sedang Berkarya: Tanda-Tanda Kebangunan Rohani Sejati")