Senin, 16 September 2013

Rufus Anderson: Keselamatan Hanya Dalam Kristus

[Rufus Anderson adalah Dewan Komisaris Amerika untuk Misi di Luar Negeri; teks ini dari tahun 1870]

Pada hakikatnya, hanya ada dua agama saja: yang satu mencari keselamatan melalui kasih karunia; yang lainnya melalui karya [usaha manusia]. Prinsip kejahatan di antara semua [orang] yang tidak percaya adalah sama...

Sebelum Injil, dunia yang tidak percaya merupakan kumpulan orang berdosa yang memberontak dan tidak dapat dibedakan; tidak rela kalau Allah memerintah atas mereka; tidak rela diselamatkan kecuali oleh perbuatan-perbuatan mereka sendiri, dan menentang segala kesucian hati dan kehidupan yang sungguh-sungguh. Ada kuasa di dalam doktrin salib, melalui kasih karunia, untuk mengatasinya.

Doktrin salib - seperti yang akan menjadi semakin jelas bila kita tiba pada bukti-bukti keberhasilan dalam misi- adalah perangkat yang agung dalam penaklukan. Tidak satupun dari takhayul-takhayul besar dunia ini yang dapat menopang suatu tempat yang memerintah dalam jiwa manusia, setelah keyakinan seluruhnya dihasilkan, bahwa hanya di dalam Kristus ada keselamatan. Apapun sistem [mereka], [orang-orang] yang diyakinkan demikian, akan lari daripadanya, sebagaimana [mereka] akan lari dari sebuah rumah yang runtuh dalam guncangan-guncangan gempa bumi.

(dari buku Norman E. Thomas, "Teks-Teks Klasik Tentang Misi dan Kekristenan Sedunia").