Jumat, 23 November 2012

Denis Green: Kitab Kidung Agung (2)

Tujuan Kitab Ini:

Kalau sifat-dasar kitab Kidung Agung adalah puisi dengan hal cinta kasih manusia sebagai tema pokoknya maka tujuannya adalah untuk menunjukkan kebaikan dan keindahan segala aspek cinta kasih yagn sejati antara laki-laki dan perempuan. Dengan hikmatNya sendiri, Allah melihat keperluan untuk pemasukkan dalam Kitab Suci sebuah kitab istimewa tentang subyek yang cukup penting itu.

Hal cinta kasih menderita kesalahgunaan dalam setiap generasi, maka melalui kitab Kidung Agung ini dapat dilihat usaha Tuhan untuk memperbaiki keadaan yang sudah mengalami kemerosotan yang besar - yaitu kesucian hubungan perkawinan - cinta antara suami dan istri sesuai dengan ketetapan Tuhan (Kej. 2:22-26; Mat. 19:3-6).

Bahkan melalui gambaran-gambaran yang terdapat dalam kitab ini tentang tubuh perempuan dan laki-laki, tercerminlah ajaran Alkitab tetnang hal penciptaan yaitu bahwa segala yang diciptakan Tuhan adalah "amat baik" khususnya di sini tubuh manusia yang diciptakan Tuhan agar dapat dinikmati dalam hubungan pernikahan.

(dari buku "Pembimbing pada Pengenalan Perjanjian Lama")