Rabu, 03 Oktober 2012

Katekismus Westminster: Dosa

Pertanyaan 13: Apakah orang tua pertama kita tetap menjadi sebagaimana pertama kali mereka diciptakan?
Jawaban: Orang tua pertama kita - dengan menyalahgunakan kehendak bebas mereka - tidak lagi menjadi seperti ketika mereka pertama kali diciptakan, melalui perbuatan dosa mereka melawan Allah*.

Pertanyaan 14: Apakah dosa itu?
Jawaban: Dosa merupakan segala bentuk persetujuan terhadap pelanggaran ataupun pelanggaran dari hukum Allah itu sendiri^.

Pertanyaan 15: Dosa apakah yang telah dilakukan orang tua pertama kita sehingga menjadikan mereka tidak lagi seperti ketika pertama kali diciptakan?
Jawaban: Dosa yang telah menjadikan orang tua pertama kita tidak lagi seperti ketika mereka pertama kali diciptakan adalah tindakan mereka yang telah memakan buah terlarang itu~.

_________________
Ayat-ayat:
* Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya (Kej. 3:6). Lihatlah hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetap mereka mencari banyak dalih (Pkh. 7:29).

^ Setiap orang yang berbuat dosa , melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah (1 Yoh. 3:4).

~ Seperti kutipan di atas, Kej. 3:6.