Minggu, 02 Maret 2014

Katekismus Jenewa: Mengapa Tuhan Yesus Disebut Imam?

Pertanyaan 42: Apa manfaat Kerajaan-Nya bagi kita?
Jawaban: Oleh Dia hati nurani kita dijadikan bebas dan kita dipenuhi kekayaan rohani-Nya, agar kita hidup dalam kebenaran dan kekudusan. Dengan demikian kita memiliki juga kekuatan yang perlu untuk mengalahkan iblis, dosa, daging, dunia yang menjadi musuh jiwa kita.

Pertanyaan 43: Dan Imamat-Nya?
Jawaban: Pertama, bahwa Dia adalah Pengantara bagi kita, untuk mendamaikan kita dengan Allah Bapa-Nya. Selanjutnya bahwa melalui Dia kita dapat menghampiri Allah dan mempersembahkan korban, yaitu diri kita sendiri bersama dengan segala sesuatu yang kita hasilkan. Dalam hal itu, kita ikut mengambil bagian dalam Imamat-Nya (Ibr. 7-10; 13).

Pertanyaan 44: Tinggallah jawaban Nabi.
Jawaban: Jabatan itu diberikan kepada Tuhan Yesus agar Dia menjadi guru dan pengajar semua orang milik-Nya. Tujuannya ialah supaya kita dibimbing ke pengetahuan sejati tentang Bapa dan kebenaran-Nya, begitu rupa sehingga kita menjadi murid dan anggota keluarga Allah.

Pertanyaan 45: Jadi, engkau hendak menyimpulkan bahwa gelar "Kristus" itu mencakup tiga jabatan yang Allah berikan kepada Anak-Nya agar Dia membagikan hasil dan kekuatannya kepada orang-orang percaya milik-Nya?
Jawaban: benar.

(dari Th. van den End, "Enam Belas Dokumen Dasar Calvinisme")