Sabtu, 08 Maret 2014

Pdt. Stephen Tong: 6 Sifat Dosa (2)

Keempat, tidak benar dan tidak adil. Sifat keempat dalam Alkitab, adalah segala sesuatu yang tidak adil, yang tidak benar, itu berdosa. Ini tercantum dalam 1 Yohanes 5:17. Semua yang tidak benar, tidak adil, yang tidak lurus, tidak benar, itu semua dianggap berdosa (unrighteous things are sinful).

Kelima, tahu yang baik tetapi tidak menjalankan. Mengetahui hal yang baik tapi tidak menjalankan adalah berdosa. Kalimat ini berat sekali, karena menuntut suatu kaitan antara pengetahuan dan kelakuan. Anything you know, you should do it, anything you pray, you should pay it, anything you hear, you should practise it. Kalau Saudara sudah mendengar khotbah tetapi Saudara sengaja tidak mau menjalankan, makin Saudara mendengar khotbah makin Saudara berbuat dosa. Kalau Saudara sudah mengetahui suatu hal baik, tapi saudara tidak mau menjalankan, Saudara sudah berdosa. Yang tidak menjalankan pengetahuan yang baik seperti apa yang sudah diterima di dalam pengetahuannya, ia sedang berbuat dosa.
...

Keenam, melanggar atau melampaui tuntutan Taurat. Terakhir, dalam Alkitab, 1 Yohanes 3:4, yaitu segala sesuatu yang melanggar atau melampaui tuntutan Taurat adalah dosa. Apa yang ditentukan oleh hukum Tuhan, apa yang diperintahkan satu per satu, jika Saudara melawan atau melanggarnya, maka pelanggaran-pelanggaran itu adalah dosa. Seperti apa yang sudah dikatakan di atas mengenai satu istilah yang disebut 'Avon'. Istilah itu berarti 'transgression', melewati, melanggar, melewati batas yang ditetapkan oleh Tuhan, itu dosa adanya.

(dari buku "Dosa, Keadilan dan Penghakiman" [Surabaya: Momentum])