Rabu, 08 Agustus 2012

Agur bin Yake: Amsal-Amsal Hewani

Amsal 30:

Inilah jalan perempuan yagn berzinah: ia makan, lalu menyeka mulutnya dan berkata: Aku tidak berbuat jahat (ayat 20).

Karena tiga hal bumi gemetar, bahkan karena empat hal ia tidak dapat tahan: karena seorang hamba, kalau ia menjadi raja, karena seorang bebal, kalau ia kekenyangan makan, karena seorang wanita yang tidak disukai orang, kalau ia mendapat suami, dan karena seorang hamba perempuan, kalau ia mendesak kedudukan nyonyanya (ayat 21-23).

Ada empat binatang yang terkecil di bumi tetapi yang sangat cekatan: semut, bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas. Pelanduk, bangsa yang lemah, tetapi yang membuat rumahnya di bukit batu. Belalang yang tidak mempunyai raja, namun semuanya berbaris dengan teratur. Cicak yang dapat kau tangkap dengan tangan, tetapi yang juga ada di istana-istana raja. (ayat 24-28).

Ada tiga binatang yang gagah langkahnya, bahkan empat hal yang gagah jalannya yakni: singat, yang terkuat di antara binatang, yang tidak mundur terhadap apapun. Ayam jantan yang angkuh, atau kambing jantan, dan seorang raja yagn berjalan di depan rakyatnya. (ayat 29-31).

Bila engkau menyombongkan diri tanpa atau dengan berpikir, tekapkanlah tangan pada mulut! Sebab, kalau susu ditekan, mentega dihasilkan, dan kalau hidung ditekan, darah keluar, dan kalau kemarahan ditekan, pertengkaran timbul (ayat 32-33).