Senin, 27 Agustus 2012

Pokok Doa: Bangsa dan Negara

1Timotius 2:1-2: "Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan."

Beberapa pokok doa untuk bangsa dan negara antara lain:

Berdoa agar pejabat pemerintah sadar bahwa kuasa mereka dari Allah sehingga tidak boleh disalahgunakan (Rm 13).

Berdoa agar pejabat pemerintah sadar bahwa mereka adalah hamba Allah bagi kebaikan rakyat bukan menjadikan rakyat hamba bagi kebaikan sendiri (Rm 13).

Berdoa agar pemerintah bisa menjalankan keadilan yang antara lain menjatuhkan murka Allah kepada orang yang berbuat jahat (Rm 13).

Berdoa agar pemberantasan korupsi dilakukan dengan tuntas, tegas dan tanpa pandang bulu.

Berdoa agar keadilan ditegakkan di negeri ini, sehingga hukum tidak keras ke bawah tetapi lunak ke atas yakni penjahat kelas bawah dihukum tetapi koruptor juga dihukum tegas.

Berdoa agar pemerataan pembangunan dilakukan sehingga pembangunan bukan hanya berpusat di Jawa atau Jakarta tetapi sampai perbatasan. Ekonomi Indonesia 70% berpusat di Jakarta. Ini adalah ketidakadilan. Sedangkan di perbatasan dengan Malaysia atau negara lain, terjadi perbedaan langit dan bumi. Di Malaysia bagus, di Indonesia parah.

Berdoa agar pemerintah menggerakkan sektor riil yakni sektor keuangan rakyat sehari-hari seperti perdagangan.

Berdoa agar infrastruktur seperti jalan tol, bandara, rel kereta, stasiun, dibangun dan diperbaiki sehingga distribusi ekonomi bisa bisa lancar dan rakyat bisa berkarya dengan lebih baik.

Berdoa agar potensi parawisata yang besar di Indonesia bisa dibangun dan dikembangkan.

Berdoa agar pendidikan dan kesehatan sebagai kebutuhan dasar rakyat bisa dikembangkan.

Berdoa bagi kehadiran orang percaya di segala lini pemerintahan agar tidak mempermalukan Tuhan sebaliknya menjadi berkat bagi rakyat.

Berdoa bagi penanganan bencana supaya sigap dan adil.

Berdoa bagi pemerintah untuk tegas memberantas ormas-ormas anarkis dan kriminal di mana-mana untuk menjamin keamanan rakyat.

Jangan lupa berdoa selalu bagi bangsa dan negara...