Jumat, 21 Desember 2012

Matthew Henry: Hatiku Bergembira Karena Allah


Dengan rasa puas yang luar biasa di dalam Dia sebagai Juruselamatnya, "hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku". Tampaknya hal ini berkaitan dengan Sang Mesias, yang untuknya ia akan menjadi seorang ibu. Ia menyebutnya Allah Juruselamatnya, karena malaikat telah mengatakan bahwa Dia akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi, dan namaNya akan disebut Yesus, Sang Juruselamat.

Ini adalah yang dipegang erat-eratnya bagi dirinya: Dia adalah Allah Juruselamatku. Bahkan ibu Tuhan kita memerlukan Dia sebagai Juruselamatnya, karena iapun akan binasa tanpa Dia. Ia lebih bersukacita atas kebahagiaan keselamatan yang akan dimilikinya bersama orang-orang percaya lainnya, melebihi kebahagiaan menjadi seorang ibu bagiNya, sekalipun ini merupakan kehormatan khusus bagi dia.

Dan memang hal ini cocok dengan kehendak Kristus yang meninggikan orang-orang percaya yang taat melebihi ibu saudara-saudaraNya (Mat. 12:50; Luk. 11:27-28). Perhatikanlah mereka yang memiliki Kristus sebagai Allah dan Juruselamat mereka akan memiliki banyak alasan untuk bergembira, bergembira dalam Roh, seperti yang dilakukan Kristus (Luk. 10:21) dengan sukacita rohani.

(tafsiran Lukas 2:47 dari buku "Tafsiran Matthew Henry - Lukas 1-12")