Minggu, 02 Desember 2012

Oswald Smith: Dampak Kebangunan Rohani

Walaupun kebangunan rohani hanya diadakan beberapa minggu saja, tetapi jika Roh Kudus bekerja maka akan terbuka banyak sekali kesempatan kerja. Saya ingin menceriterakan beberapa contoh yang membuktikan hal ini.

Evan Roberts, pengkhotbah yang sungguh dipakai Tuhan dalam kebangunan rohani pada tahun 1904. Walaupun ia seorang pendeta ternama, tetapi hidupnya sangat sederhana. Ia mempergunakan semua waktunya untuk membaca dan jarang pergi keluar. Tidak terlalu lama setelah kunjungan saya ke rumahnya, saya pun menerima sepucuk surat tulisan tangannya sendiri, di sana ia menulis, "saat itu ada 20000 orang telah bertobat dan menjadi anggota gereja di Wales hanya dalam waktu lima minggu". Mungkinkah gereja dapat mencapai hasil sebesar itu dalam waktu sekejab?

Contoh kedua adalah pelayanan Charles Finney pada saat mengadakan kebangunan rohani di Amerika Serikat. Ketika ia memulai pelayanan itu, di seluruh Amerika hanya terdapat dua ratus ribu anggota gereja. Bayangkan sendiri, jumlah sekecil itu untuk Amerika yang begitu luas dan padat. Tetapi tahukan anda berapa jumlah anggota bereja setelah beberapa tahun kemudian? Saat itu, Charles Finney baru saja mengakhiri pelayanannya, ternyaa ada lebih dari tiga juta orang Kristen. Mungkinkah gereja dapat menjangkau jumlah sebesar itu tanpa suatu kebangunan rohani? Juga pada saat Finney berkampanye di Rochester, New York, diperkirakan ada seratus ribu orang telah menerima Kristus. Hanya karena suatu kebangunan rohani bukan?