Minggu, 16 Desember 2012

Pdt. Stephen Tong: Buah Merupakan Tanda Kehidupan

Pada waktu sebuah pohon berbuah, ini menandakan pohon itu masih hidup; jadi buah adalah tanda hidup. Jika Anda mempunyai kehidupan maka dengan sendirinya kehidupan itu akan mengeluarkan buah. Alkitab berkata: "jika iman tidak disertai perbuatan makan iman itu pada hakekatnya adalah mati" (Yak. 2:17). Dan Alkitab berkata dengan jelas kepada kita bahwa tubuh tanpa jiwa adalah mayat. Demikian pula iman tanpa buah adalah mati.

Jikalau kita mempunyai iman di dalam tetapi tidak mempunyai kelakukan di luar, kita merupakan orang Kristen yang mati, orang Kristen yang menipu diri. Yohanes Pembaptis berkata: "Hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan". Kita harus membedakan hati pertobatan dan buah-buah pertobatan; hati pertobatan itu dilihat oleh Tuhan, tetapi buah pertobatan dilihat oleh manusia.

Jikalau hati Anda beriman kepada Tuhan, tetapi kelakukan anda bertentangan dengan iman, maka anda bukan saja tidak mempermuliakan nama Tuhan, tapi juga akan memberikan kesempatan bagi orang bukan Kristen untuk menganiaya orang Kristen, mengumpat orang Kristen dan memfitnah orang Kristen lain karena buah merupakan tanda hidup.

(dari buku "Hidup Kristen Yang Berbuah")