Selasa, 15 Januari 2013

Pdt. Stephen Tong: Menerima Roh Kudus - Pengakuan akan Kristus

Orang yang percaya Yesus sebagai Anak Allah, Gal 3:14. Efesus 1:13-14: "Di dalam Dia kamu juga  - karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu - di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeterailkan dengan Roh Kudus yang dijanjikanNya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaanNya".

Di dalam ayat 14 disebutkan Roh Kudus adalah jaminan, atau yang lebih dikenal sebagai uang muka (uang panjar). Kalau kita mau membeli sebuah rumah, kita membayar sejumlah kecil uang terlebih dahulu, lalu menandatangani jual beli. Setelah akte yang ditempeli meterai dan dibubuhi cap itu ditandatangani, rumah itu tidak boleh dijual kepada orang lain, sampai seluruh pembayaran itu selesai. Rumah itu jadi milikmu, tapi sebelumnya, rumah itu secara status sudah dijual hanya kepadamu. Itu yang disebut uang muka.

Demikian juga Roh Kudus. Ketika seseorang bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus, ia diberi Roh Kudus, dimeteraikan. Tuhan memberikan meterai surgawi dan meterai itu dicapkan di dalam diri kita, meterai itu adalah Roh Kudus. Barangsiapa menerima Yesus, dia diberi Roh Kudus.

(dari buku "Roh Kudus, Doa dan Kebangunan")