Selasa, 17 Juli 2012

Gereja Sebagai Tubuh Kristus

Apakah artinya gereja sebagai tubuh Kristus?

Pertama, kepala gereja adalah Kristus. Demikian pula pemilik gereja juga adalah Kristus. Gereja bukan dimiliki dan tidak boleh dimonopoli oleh orang kaya. Gereja tidak boleh menjalankan kehendak manusia, siapapun itu. Gereja menjalankan kehendak Kristus dan dalam gereja hanya Kristus yang menerima kemuliaan.

Kedua, gereja tidak bisa dipisahkan dari Kristus. Paulus menganiaya gereja, dianggap sebagai menganiaya Kristus. Demikian pula orang yang menerima Kristus harus masuk ke dalam gereja lokal sebagai perwujudan tubuh Kristus. Seorang Kristen bisa saja kecewa kepada sebuah gereja (meski hal ini harus didiskusikan lagi), sehingga ia pindah gereja lokal, tetapi tidak boleh tidak ke gereja.

Ketiga, sebagai tubuh Kristus, dalam gereja ada banyak anggota. Semua anggota memiliki peran dan fungsi masing-masing yang harus disyukuri. Karena itu tidak benar bila yang dihargai dalam gereja hanya orang kaya, orang terkenal atau orang berjabatan tinggi.

Semua anggota harus terlibat melayani. Makin sehat sebuah tubuh, bila makin banyak anggota yang aktif. Bila makin banyak anggota yang pasif, maka tubuh itu sakit. Dan semua anggota saling mengasihi dalam relasi yang hidup atau organis.