Kamis, 26 Juli 2012

Sejarah Lagu: Yesus Sayang Padaku

Lagu anak-anak ini sangat terkenal, bahkan dinyanyikan oleh orang dewasa. Teksnya: "Yesus sayang padaku, Alkitab mengajarku. Walau ku kecil lemah, aku ini milikNya. Reff: Yesus Tuhanku, sayang padaku, itu firmanNya, di dalam Alkitab". Bahasa Inggris: "Jesus loves me, this I know, for the Bible tells me so. Little ones to Him belong. They are weak but He is strong. Yes, Jesus loves me! Yes, Jesus loves me! Yes, Jesus loves me! For the Bible tells me so".

Lagu ini ditulis oleh Anna B. Warner (1820-1915). Ia adalah putri seorang ahli hukum. Setelah kematian ayahnya, ia tinggal dengan kakak perempuannya. Kedua wanita yang tidak menikah ini selama lebih empat puluh tahun mengajar sekolah minggu untuk mahasiswa akademi tentara nasional di West Point, New York. Itu sebabnya, pada waktu meninggal, mereka dimakamkan dengan upacara militer.

Kedua guru sekolah minggu ini suka mengarang. Namun demikian, banyak karangan mereka yang sudah terlupakan kecuali kutipan pendek dari satu roman untuk kaum muda yang mereka kerjakan bersama-sama. Bagian yang dikutip itu adalah karangan Anna B. Warner. Judulnya adalah "Say and Seal" (Katakan dan Meteraikan).

Menurut alur cerita, seorang murid sekolah minggu, Johnny Fax, jatuh sakit. Gurunya mengunjungi dia. Dengan kasih sayang, ia memangku anak laki-laki yang demam dan kurus itu. Sang anak membujuk gurunya, "nyanyilah bagiku". Akhirnya sang guru menyanyikan sebuah lagu yang polos tentang cinta kasih Kristus. Kata-kata ini kemudian oleh William Bradbury dijadikan lagu seperti yang sudah dikenal dan terkenal di seluruh dunia.