Kamis, 26 Juli 2012

Sejarah Lagu: Ingat Akan Nama Yesus

Lagu ini berbunyi: "ingat akan nama Yesus, kau yang susah dan sedih. Nama itu menghiburmu, k'mana saja kau pergi. Reff: Indahlah namaNya, pengharapan dunia. Indahlah namaNya, suka sorga yang baka!" (versi Kidung Jemaat).

Lagu ini ditulis oleh Lydia Baxter. Ia lahir pada tahun 1809. Pada waktu ia dan saudaranya masih kecil, mereka mendengarkan kabar baik yang diberitakan oleh Misionaris dari Gereja Baptis. Keduanya mengaku percaya kepada Tuhan Yesus dan tidak lama kemudian mereka mendirikan sebuah jemaat Baptis di kampung halaman mereka di New York, USA.

Setelah menikah, Baxter sakit-sakitan. Sangat banyak waktu yang ia lewatkan dengan berbaring di tempat tidur. Tetapi sikapnya sebagai seorang Kristen adalah tabah dan periang, bahkan sering memberi inspirasi kepada orang lain. Meski ia terbaring sakit dan terkurung dalam rumah, ia rindu melayani Tuhan melalui membuat syair rohani.

Empat tahun sebelum meninggal, ia menciptakan sebuah syair rohani yang kemudian digubah oleh William H. Doane menjadi sebuah lagu rohani yang menguatkan banyak orang di tengah penderitaan.