Selasa, 31 Juli 2012

Pdt. Peter Wongso tentang Pdt. Stephen Tong

Hamba Tuhan untuk Masa Kini: Pdt. Stephen Tong
oleh Pdt. Dr. Peter Wongso
(Rektor Kehormatan Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang, D.Th dari Trinity Theological Seminary)

 Dengan kuasa Roh Kudus, semangat dan kecerdasannya, selama setahun delapan bulan ia mengadakan kampanye penginjilan yang meliputi seluruh kepulauan di Indonesia, Asia Tenggara dan bahkan gereja-gereja Tionghoa di Amerika Utara, Eropa dan Australia. Ribuan orang bertobat dalam kebaktian yang beliau pimpin, dan ribuan orang mempersembahkan diri untuk melayani Tuhan.

Dalam pelayanannya, beliau menggunakan tiga metode. Pertama, mengkhotbahkan firman Tuhan secara sistematis. Kedua, menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh orang yang hadir dalam kebaktian tersebut. Ketiga, mengadakan seminar tentang metode mengajar sekolah minggu dan penginjilan pribadi.

Pada umumnya beliau berkhotbah tiga kali sehari, pada umumnya dua sampai tiga jam setiap kebaktian. Ribuan orang menghadiri kebaktian yang dipimpinnya selama berminggu-minggu tanpa kenal lelah. Kebaktian yang terbesar dihadiri kira-kira 20.000 orang pada tahun 1971 dan 60.000 pada tahun 1991 di Manado, Sulawesi Utara.

Selama lebih dari 30 tahun, Pdt. Dr. Stephen Tong, selain mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani, juga menyelenggarakan Seminar Iman Kristen di kota-kota besar di Indonesia serta Kebaktian Kebangunan Rohani dan seminar-seminar secara rutin di manca negara.

(Dicuplik dari buku, "Hamba Tuhan dan Jemaat Kristen Melintasi Zaman". Malang: SAAT, 1997, hal. 251-252).