Rabu, 11 Juli 2012

Jonathan Edwards: Dosa & Rendah Hati

Ingatlah bahwa sekarang engkau memiliki lebih banyak alasan, dalam beberapa hal bahkan ribuan kali lebih banyak, untuk meratap dan merendahkan diri karena dosamu sesudah pertobatan ini dibandingkan sebelum pertobatan, karena kewajiban yang justru lebih besar untuk hidup bagi Allah.

Pandanglah kesetiaan Kristus yang tidak henti-hentinya melimpahkan karya kasih-Nya dan buah-buah kasih kekalnya yang ajaib yang menyelamatkan itu. Walaupun ketidaklayakanmu begitu besar, bahkan setelah engkau bertobat, namun Ia tetap melimpahkan kepadamu kasih karuniaNya yang besar dan ajaib seperti ketika Ia mempertobatkanmu.

Tetaplah rendah hati dengan mengingat dosamu, dan jangan pernah berpikir bahwa engkau tidak terlalu berdosa, namun jangan pernah juga menjadi putus asa atau kehilangan pengharapan karenanya. Sekalipun kita sangat berdosa, namun kita memiliki Pembela di hadirat Bapa, yaitu Yesus Kristus yang benar yang darahNya yang mahal itu, yang kebenaranNya yang tak ternilai itu, dan yang keagungan kasih dan kesetiaanNya itu, secara tak terbatas telah mengatasi gunung-gunung dosa kita yang tertinggi sekalipun.