Selasa, 03 Juli 2012

Kriteria Teman Hidup Menurut Alkitab

Bagi saudara yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi dan sudah yakin keselamatannya, berikut ini adalah kriteria pasangan atau teman hidup menurut Alkitab yang harus kamu perhatikan:

1. Berdasarkan Kejadian 2:18, "TUHAN Allah berfirman: tidak baik manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya yang sepadan dengan dia":
- Berbeda jenis kelamin. Bagi Adam yang pria, Allah menciptakan Hawa yang wanita.
- Hanya satu penolong jadi jangan mencari banyak pasangan.
- Penolong yang sepadan artinya kehadiran Hawa melengkapi Adam untuk menjalankan visi Tuhan. Maka persamaan karakter memperkuat cinta sedangkan perbedaannya saling memperlengkapi dan memperkaya. Renungkan ini!
- Pria harus mempunyai visi yakni apa yang Tuhan mau kalian kerjakan. Karena sebelum Tuhan menjadikan penolong yang sepadan bagi Adam, Tuhan terlebih dahulu menempatkannya untuk memelihara dan mengusahakan taman itu (Kej. 2:15). Pria yang tidak mempunyai visi, jangan cari pasangan hidup tetap cari visi Tuhan terlebih dahulu. Visi pria: Tuhan memanggil menjadi hamba Tuhan, dokter, dosen, dll yang harus digumulkan.

2. 2 Korintus 6:14: "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tidak percaya". Ini sudah jelas dan jangan ditawar, jangan diperdebatkan lagi. Harus yang seiman dalam Tuhan Yesus Kristus.

3. Amsal 31:30: "Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji". Ini sudah jelas, tidak perlu dijelaskan lagi, tinggal dilaksanakan saja. Pria jangan mengatakan bahwa hanya wanita yang takut akan Tuhan. Pria harus lebih bertumbuh rohani untuk menjadi pemimpin kerohanian keluarga.

4. Efesus 5:22-33: Pria harus mempunyai cinta kasih pengorbanan seperti Kristus mengasihi dan memberi nyawaNya bagi kita. Pria-pria yang egois harap bertobat sebelum mencari pasangan hidup. Sebaliknya wanita harus bisa tunduk kepada pria. Para wanita, carilah pria yang bisa kau tunduk dan pria-pria, carilah wanita yang tunduk kepadamu. Karena ini adalah perintah firman Tuhan. Wanita yang mau merajalela sulit mendapat pasangan hidup. Pria yang egois akan ditinggalkan banyak wanita.

Banyak orang sulit mendapat pasangan hidup karena hal-hal kecil yang tidak pernah diperhatikan. Misalnya: pria yang tidak rapi, pria yang tidak mau mendengarkan, wanita yang cerewet dan galak, wanita yang mau merajalela dan suka memerintah, pria dan wanita yang pelit, dan hal-hal lain yang harus dievaluasi.